Senin, 20 Juni 2011

Tips Berbelanja dan Menawar



Ini buat ibu-ibu, neng-neng yang sering berbelanja dan terkadang sering pula melakukan transaksi tawar menawar.  Tapi tips ini tidak berlaku untuk belanja di mall dan supermarket besar karena harga disana sudah harga pas alias tidak bisa ditawar lagi.
ini dia tipsnya:
1. Berbelanjalah dipagi hari

    Selain Udara dan suasana masih fresh, pada waktu toko baru dibuka  biasanya harga awal yang diberikan    oleh pedagang agak rendah dibanding harga bila waktu sudah siang dan telah banya pembeli lain.  jadi biasanya harga yang disepakati dapat lebih murah

2. Tersenyum
    Lakukan kontak mata dan tersenyumlah dengan tulus, dengan begitu akan tercipta keakraban seketika dan biasanya harga yang kita minta kemungkinan di kabulkan lebih besar.  bandingkan kalau sikap kita kaku, jangan pengurangan harga yang didapat, mungkin kita malah nggak dilayani.

3. Langsung ke meja kasir
    Karena biasanya yang duduk dimeja kasir mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari pada yang melayani pembelian dan juga biasanya mempunyai wewenang untuk menetapkan harga.  jadi untuk menawar barang langsung aja kemeja kasir.

4. Pura-Pura
    Walaupun kita sangat suka dengan barang tersebut jangan terlalu diperlihatkan, beralihlah ke barang-barang lain terlebih dahulu dan kemudian kembali kebarang pertama.

5. Gunakan kata MAAF
    Ketika menawar selalu gunakan kata maaf  agar bila tawaran kita terlalu rendah tidak membuat penjual menjadi tersinggung dan malah nggak mau menurunkan harga

Itulah sebagian tips berbelanja yang saya dapatkan dari tanya-jawab kepada para pedagang termasuk pengalaman saya sendiri karena saya juga pedagang he..he..he.
Sekian dulu dan dapatkan Tips-tips lain dari saya dilain waktu
Selama Berbelanja


2 komentar:

  1. Hehehehehe... ide yang gokil... yang sudah kalo belanja di supermarket... marganya udah ceket... ga bisa ditawar lagi

    BalasHapus
  2. inikan tips untuk berbelanja ditempat yang bisa ditawar bro. kalo di mall ya cuci mata aja.. he..he balik

    BalasHapus