Kamis, 23 Juni 2011

Bagaimana Meningkatkan Karir

Sebagai seorang karyawan karir itu adalah segalanya, peningkatan karir berarti juga peningkatan wewenang, prestise, fasilitas dan yang pastinya juga peningkatan gaji.  Meningkatnya karir seorang karyawan biasanya diukur dari produktivitas karyawan dalam mengalirkan keuntungan bagi perusahaan.  Namun terkadang ada yang dilupakan oleh karyawan, yaitu unsur sosialisasi baik dengan bawahan, rekan satu level, maupun dengan atasan.

Ini bebarapa tips yang dapat teman-teman karyawan terapkan dalam meningkatkan karir.
  • Berusaha untuk tahu pekerjaan rekan kerja yang lain walaupun pekerjaan tersebut tidak sama dengan divisi anda, minimal tahu dasar-dasar dan proses kerjanya.  Hal ini maksudnya bukan untuk mencampuri dan mematai-matai pekerjaan mereka, tapi hal ini tentu akan berguna bila suatu saat anda dipindahkan ke divisi lain anda sedikit banyak sudah mengetahui cara kerjanya dan bila anda mempunyai waktu yan agak longgar anda bisa membantu rekan kerja dalam menyelesaikan tugasnya.
  • Cobalah selalu membantu rekan kerja yang memerlukan bantuan anda, tentunya setelah anda menyelesaikan pekerjaan anda sendiri.  Jangan anggap ini sebagai beban tambahan bagi anda, tapi ini adalah tabungan bagi anda karena biasanya perusahaan secara rutin mengadakan konseling bagi karyawannya mengenai pekerjaan, lingkungan kerja, hubungan antar karyawan dan sebagainya, maka track record anda pasti positif.
  • Cobalah "tampil" disetiap forum atau rapat yang diadakan perusahaan, terutama lagi bila perusahaan mengadakan pelatihan dan training bagi karyawan selalu lah jadi orang yang pertama mengacungkan tangan untuk bertanya atau memberikan saran pada saat dibukanya sesi tanya jawab.  Ini sangat penting karena biasanya pada saat pelatihan atau training yang sifatnya wilayah atau pun nasional biasanya dihadiri oleh para petinggi puncak disuatu perusahaan.  bayangkan kalo pertanyaan ataupun saran anda mendapat respon dari mereka nama anda tentunya akan dikenal oleh mereka, seperti pepatah lama mengatakan "Tak kenal maka tak sayang".
  • Yang terakhir tentunya diimbangi dengan kinerja dan produktivitas anda yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan dan target yang di berikan perusahaan 
Itulah tips singkat dari saya, coba diterapkan dan saya tunggu hasilnya dari anda.




2 komentar: